Sabtu, 19 Juni 2021

Pengertian Metode ilmiah: tahapan, contoh, ciri

Metode ilmiah adalah sekelompok aturan dasar dari prosedur yang menghasilkan pengetahuan ilmiah, apakah pengetahuan baru, baik koreksi (evolusi) atau peningkatan dalam bidang timbulnya pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Dalam sebagian besar disiplin ilmu, ini terdiri dari pengumpulan bukti empiris yang dapat diverifikasi  – berdasarkan pengamatan sistematis dan terkontrol, biasanya dihasilkan dari eksperimen atau penelitian lapangan – dan menganalisisnya menggunakan logika.


Bagi banyak penulis, metode ilmiah tidak lebih dari logika yang diterapkan pada sains. Metode yang memberikan dasar logis untuk pengetahuan ilmiah adalah: metode induktif, metode deduktif, metode hipotetis-deduktif, metode dialektik, metode fenomenologis, dll.


Deskripsi metode ditemukan sejak peradaban kuno, seperti di Mesir Kuno dan Yunani Kuno, tetapi hanya dalam masyarakat Arab, sekitar seribu tahun yang lalu, bahwa dasar-dasar apa yang akan menjadi metode ilmiah saat ini sedang dibangun, dengan karya ilmuwan. Ibn Al-Haytham dalam studinya tentang optik, membuatnya dianggap oleh banyak “ilmuwan pertama”. Metode yang digunakannya telah memiliki kesamaan dengan metode Descartes dan yang saat ini, seperti: observasi dan penelitian teoritis sebelumnya ketika melakukan percobaan, memisahkannya ke dalam kategori dan membandingkan hipotesis sesuai dengan hasilnya.


Metodologi ilmiah diperkuat dalam pemikiran René Descartes, yang kemudian dikembangkan secara empiris oleh fisikawan Inggris Isaac Newton. Descartes mengusulkan untuk sampai pada kebenaran melalui keraguan sistematis dan penguraian masalah dalam bagian-bagian kecil, karakteristik yang mendefinisikan dasar penelitian ilmiah. Memahami sistem yang paling sederhana, semakin banyak variabel yang secara bertahap dimasukkan, untuk mencari deskripsi keseluruhan.


Lingkaran Wina menambahkan pada prinsip-prinsip ini perlunya verifikasi dan metode induktif. Karl Popper menunjukkan bahwa baik verifikasi maupun induksi saja tidak memenuhi tujuan tersebut – yaitu memahami realitas sebagaimana adanya dan tidak seperti yang diinginkan – karena ilmuwan harus bekerja dengan pemalsuan, yaitu, ia harus melakukan hipotesis dan uji hipotesis Anda dengan mencari tidak hanya untuk bukti bahwa dia benar, tetapi di atas semua itu untuk bukti bahwa dia salah.


Jika hipotesis tidak tahan uji, dikatakan telah dipalsukan. Jika tidak, dikatakan telah dikuatkan. Popper juga mengatakan bahwa sains adalah pengetahuan sementara, yang bekerja melalui pemalsuan yang berurutan. Sebuah teori ilmiah tidak pernah terbukti. Thomas Kuhn menyadari bahwa paradigma adalah elemen esensial dari metode ilmiah, dan momen-momen perubahan paradigma disebut revolusi ilmiah. Metode ilmiah dibangun sedemikian rupa sehingga sains dan teorinya berkembang dari waktu ke waktu.


Tidak hanya baru-baru ini tetapi sejak awal, metodologi ilmiah telah menjadi subjek dari banyak perdebatan filosofis, yang dikritik oleh beberapa pemikir yang menolak pemikiran Cartesian, mengutip kritik yang dibuat oleh filsuf Perancis Edgar Morin. Morin mengusulkan, alih-alih membagi objek penelitian menjadi beberapa bagian, pandangan sistemik keseluruhan. Paradigma baru ini disebut Teori Kompleksitas (kompleksitas dipahami sebagai merangkul keseluruhan). Walaupun paradigma semacam itu tidak secara langsung menyiratkan ketidakabsahan metode ilmiah secara umum, paradigma itu tentu saja mengusulkan cara baru untuk menerapkannya berkenaan dengan kekhasan masing-masing bidang dalam hal tujuannya adalah memahami realitas dengan cara sebaik mungkin.


Pengertian


Metode ilmiah adalah cara memperoleh pengetahuan melalui percobaan. Metode ilmiah dirancang untuk membatalkan bias manusia standar dalam penalaran dengan mendorong reproduksibilitas dan cross-check. Para ilmuwan membentuk hipotesis, atau dugaan, tentang aspek-aspek dunia, kemudian menguji mereka. Percobaan ini harus siap direproduksi, sehingga ilmuwan lain dapat cross-check data. Setelah pengujian menyeluruh, hipotesis dapat mendukung atau bertentangan dengan data.


Ketika tubuh hipotesis pelengkap terbukti benar, mereka dapat diintegrasikan ke dalam semacam “meta-hipotesis” disebut teori. Teori tidak pernah dapat dibuktikan benar-benar benar, dan menurut para ilmuwan, tidak ada yang bisa. Di sinilah para ilmuwan bertentangan dengan teis dan spiritualis, yang percaya bahwa melalui doa atau meditasi yang dapat mengakses kebenaran mutlak. Menurut metode ilmiah, tidak ada teori sakral, dan bahkan jika ribuan eksperimen mendukungnya, kita masih dapat membuktikannya salah.


Jika teori ini sangat baik dikonfirmasi selama jangka waktu yang panjang dan diambil untuk diberikan di antara sebagian besar masyarakat ilmiah, ia memperoleh status hukum alam atau hukum fisik. Hukum-hukum fisika, seperti “gravitasi membuat hal-hal jatuh” sekitar sedekat mungkin dengan kepastian yang mutlak bahwa kita dapat memperoleh tentang alam semesta. Ketika teori, teori empiris terutama solid membuat prediksi kuantitatif rinci tentang fenomena yang mereka berusaha untuk menjelaskan, itu bisa sangat mudah untuk membantah mereka jika mereka tidak memiliki kekuatan prediktif.


Metode ilmiah adalah berusia lebih dari seribu tahun, dating kembali ke karya Ibn al-Haytham (965-1039). Al-Haytham adalah seorang pelopor sejati, kadang-kadang disebut “ilmuwan pertama,” yang menemukan metode ilmiah dan membuat kontribusi yang signifikan terhadap lebih dari selusin bidang ilmiah, terutama optik.


Metode ilmiah tidak tepat didefinisikan, tapi hampir semua ilmuwan setuju bahwa itu melibatkan iterasi dari empat langkah: karakterisasi (pengamatan dan definisi), hipotesis, prediksi, dan eksperimen untuk menguji semua bagian sebelumnya urutan. Metode ilmiah bukan resep yang ketat, tapi teknik cair untuk mengungkap kebenaran.


Metode ilmiah merupakan cara yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan melalui percobaan. Metode Ilmiah dirancang untuk membatalkan bias manusia standar dalam penalaran dengan mendorong reproduksibilitas dan cross-check. Para ilmuwan membentuk hipotesis, atau dugaan, tentang aspek-aspek dunia, kemudian menguji mereka. Percobaan ini harus siap direproduksi, sehingga ilmuwan lain dapat cross-check data. Setelah pengujian menyeluruh, hipotesis dapat mendukung atau bertentangan dengan data.


Ketika tubuh hipotesis pelengkap terbukti benar, mereka dapat diintegrasikan ke dalam semacam “meta-hipotesis” disebut teori. Teori tidak pernah dapat dibuktikan benar-benar benar, dan menurut para ilmuwan, tidak ada yang bisa. Di sinilah para ilmuwan bertentangan dengan teis dan spiritualis, yang percaya bahwa melalui doa atau meditasi yang dapat mengakses kebenaran mutlak. Menurut metode ilmiah, tidak ada teori sakral, dan bahkan jika ribuan eksperimen mendukungnya, kita masih dapat membuktikannya salah.


Jika teori ini sangat baik dikonfirmasi selama jangka waktu yang panjang dan diambil untuk diberikan di antara sebagian besar masyarakat ilmiah, ia memperoleh status hukum alam atau hukum fisik. Hukum-hukum fisika, seperti “gravitasi membuat hal-hal jatuh” sekitar sedekat mungkin dengan kepastian yang mutlak bahwa kita dapat memperoleh tentang alam semesta. Ketika teori, teori empiris terutama solid membuat prediksi kuantitatif rinci tentang fenomena yang mereka berusaha untuk menjelaskan, itu bisa sangat mudah untuk membantah mereka jika mereka tidak memiliki kekuatan prediktif.


Metode ilmiah adalah berusia lebih dari seribu tahun, dating kembali ke karya Ibn al-Haytham (965-1039). Al-Haytham adalah seorang pelopor sejati, kadang-kadang disebut “ilmuwan pertama,” yang menemukan metode ilmiah dan membuat kontribusi yang signifikan terhadap lebih dari selusin bidang ilmiah, terutama optik.


Metode ilmiah tidak tepat didefinisikan, tapi hampir semua ilmuwan setuju bahwa itu melibatkan iterasi dari empat langkah: karakterisasi (pengamatan dan definisi), hipotesis, prediksi, dan eksperimen untuk menguji semua bagian sebelumnya urutan. Metode ilmiah bukan resep yang ketat, tapi teknik cair untuk mengungkap kebenaran.


Evolusi metode


Metode ilmiah secara harfiah mengacu pada studi tentang rincian metode yang digunakan dalam setiap bidang ilmiah tertentu, dan pada dasarnya langkah-langkah umum untuk semua metode ini, yaitu, metode sains dalam bentuk umum, yang seharusnya bersifat universal. Meskipun prosedur bervariasi dari satu bidang sains ke yang lain (disiplin ilmu), dibedakan oleh objek studi yang berbeda, dimungkinkan untuk menentukan elemen tertentu yang membedakan metode ilmiah dari metode lain yang ditemukan di bidang non-ilmiah, untuk mengutip yang ada dalam filsafat, matematika, dan bahkan agama.


Sejarah metode ilmiah bercampur dengan sejarah sains. Dokumen-dokumen Mesir kuno sudah menggambarkan metode diagnostik medis. Dalam budaya Yunani Kuno, tanda-tanda pertama dari metode ilmiah mulai muncul. Kemajuan besar dalam metode ini dibuat pada awal filsafat Islam, sekitar seribu tahun yang lalu, dengan kontribusi Ibn al-Haytham, seorang ilmuwan Arab, yang dalam penelitiannya tentang optik, mengorganisir apa yang banyak dianggap sebagai dasar dari metode ilmiah modern yang dikonsolidasikan dengan munculnya Fisika di abad ke-17 dan ke-18. Francis Bacon, dalam karyanya Novum Organum (1620) – referensi ke Aristoteles Organon – menetapkan sistem logis baru untuk meningkatkan proses filosofi silogisme lama.


Metode ilmiah berawal pada pemikiran Descartes, yang kemudian dikembangkan secara empiris oleh fisikawan Inggris Isaac Newton. René Descartes mengusulkan untuk sampai pada kebenaran melalui keraguan sistematis dan penguraian masalah dalam bagian-bagian kecil, karakteristik yang menentukan dasar penelitian ilmiah.


Unsur


Metode ilmiah terdiri dari unsur-unsur berikut:



  • Karakterisasi – Kuantifikasi, pengamatan dan pengukuran.

  • Hipotesis – Penjelasan hipotetis tentang pengamatan dan tindakan.

  • Prakiraan – Penjelasan logis dari hipotesis.

  • Eksperimen – Uji tiga elemen di atas.


Aspek


Metode ilmiah terdiri dari aspek berikut:



  • Observasi – Pengamatan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dilakukan dengan mata kasar, atau dapat digunakan instrumen yang sesuai. Namun, itu harus dikontrol dengan tujuan agar hasilnya sesuai dengan kebenaran dan bukan pada ilusi yang timbul dari defisiensi inheren yang melekat dalam indera manusia dalam memperoleh realitas.

  • Eksperimen – Percobaan perlu direplikasi (dapat direproduksi). Penting untuk menentukan bahwa kita berbicara di sini tentang prosedur yang diperlukan untuk menguji hipotesis, dan bukan fakta itu sendiri, yang tidak perlu direproduksi secara antropogenik, tetapi hanya dapat diverifikasi.

  • Prediksi – Hipotesis harus dipertimbangkan dan divalidasi untuk pengamatan yang dilakukan di masa lalu, sekarang dan masa depan.

  • Kontrol – Untuk keamanan yang lebih besar dalam kesimpulan, semua pengalaman harus dikontrol. Pengalaman terkontrol adalah pengalaman yang dilakukan dengan teknik yang memungkinkan Anda membuang variabel yang mungkin menutupi hasilnya.

  • Testabilitas – setiap hipotesis harus mengandung testabilitas, dan untuk kepalsuan atau penyangkalan. Ini tidak berarti bahwa hipotesis itu salah, salah atau sedikit meragukan atau diragukan, tetapi dapat diverifikasi, diperdebatkan. Artinya, itu harus diusulkan dengan cara yang memungkinkan untuk dikaitkan dengan nilai-nilai logis, salah dan benar, sehingga jika itu benar-benar salah, kontradiksi dengan fakta atau kontradiksi internal dengan teori akan membuktikan Itu.

  • Penjelasan Penyebab – Dalam semua bidang ilmu pengetahuan, kausalitas adalah faktor kunci, dan tidak ada teori ilmiah – setidaknya sampai saat ini – yang melanggar kausalitas. Dalam kondisi ini, persyaratan berikut dipandang penting dalam pemahaman ilmiah: 1) Identifikasi penyebabnya; 2) Korelasi peristiwa – Penyebabnya harus konsisten dengan pengamatan, dan korelasi antara pengamatan dan bukti harus benar-benar menyiratkan hubungan sebab-akibat. 3) Urutan peristiwa – Penyebabnya harus mendahului efek yang diamati dalam waktu.


Tahapan


Cara linear dan pragmatis untuk mengikuti tahapan metode ilmiah ini dijelaskan di bawah ini, langkah demi langkah. Perlu dicatat bahwa ini hanya referensi, dan mungkin ada, tergantung pada situasi, langkah-langkah tambahan yang diperlukan, namun dalam daftar yang tidak berhubungan ini atau bahkan langkah-langkah yang terdaftar; yang kepatuhannya tidak perlu. Bahkan, dalam banyak kasus, tidak semua langkah metode ilmiah ini, atau bahkan sebagian dari mereka, diikuti. Metode ilmiah bukanlah resep: itu membutuhkan kecerdasan, imajinasi dan kreativitas. Yang penting adalah aspek dan elemen yang disajikan di atas hadir.


Berikut adalah tahapan dalam metode ilmiah yaitu:



  • Mendefinisikan masalah: masalah-masalah ini dapat terdiri dari tiga (3) jenis: Ahli teori yang fokus pada menghasilkan teori-teori baru, sedangkan jika kita bermaksud untuk mengubah situasi tertentu masalahnya akan praktis dan, akhirnya, ada yang cocok dengan keduanya dan dengan demikian disebut teoretis-praktis.

  • Pengumpulan data.

  • Proposisi satu atau lebih hipotesis.

  • Melakukan percobaan terkontrol untuk menguji validitas hipotesis.

  • Analisis hasil

  • Menafsirkan data dan menarik kesimpulan, yang berfungsi untuk merumuskan hipotesis baru.

  • Publikasi hasil dalam monografi, disertasi, tesis, artikel atau buku yang diterima oleh universitas dan atau diakui oleh komunitas ilmiah.


Perhatikan bahwa tidak semua hipotesis dapat dengan mudah dikonfirmasi atau dibantah dengan eksperimen atau bukti dan bahwa di banyak bidang pengetahuan mengumpulkan data dan mencoba menafsirkannya sudah merupakan tugas besar seperti dalam ilmu manusia dan hukum (kriminologi) Namun, kebutuhan untuk melakukannya melekat dalam sains.


Keyakinan dan metode ilmiah


Poin penting yang perlu dipertimbangkan adalah perlunya membatasi hipotesis ilmiah dan konsekuensi yang timbul dari pembatasan ini. Pertimbangkan sebagai contoh proposisi berikut: “Salamander dan tikus adalah amfibi” dan “Apel berwarna hijau atau tidak hijau“. Yang pertama mengakui nilai-nilai logis salah dan benar, menjadi mungkin untuk menunjukkan bahwa nilai logisnya sebenarnya salah ketika diverifikasi secara eksperimental bahwa tikus itu bukan amfibi. Namun, ekspresi kedua tidak dapat diuji karena, seperti yang diusulkan, itu akan selalu benar, terlepas dari warna apel yang diperoleh secara eksperimental. Perhatikan baik-baik contoh dan perhatikan bahwa, pada dasarnya, frasa yang tidak dapat dibatasi tidak membawa informasi yang berguna (atau apakah mereka membawa informasi apa pun?), karena sifat informasi selalu bisa salah atau benar. Karena itu, yang pertama konsisten dengan hipotesis ilmiah, yang kedua tidak.


Contoh hipotesis ilmiah – harus dapat diuji – dan hingga saat ini dengan nilai logis yang benar adalah “Nilai kecepatan cahaya adalah konstan yang tidak tergantung pada kerangka inersia yang diadopsi”. Hipotesis ini dapat diuji karena mengakui nilai-nilai logis salah dan benar dan dapat ditunjukkan salah dengan eksperimen, cukup untuk menemukan secara eksperimental referensi inersia di mana ia tidak memverifikasi apa yang dikatakannya. Akan tetapi, hingga tanggal sekarang, belum ditemukan, sampai tanggal sekarang, untuk semua tujuan, benar.


Mengikuti contoh-contoh, tetapi sekarang menyentuh pada subjek yang rumit bagi sebagian orang, hipotesis “Ada Tuhan yang transendental, mahatahu, mahakuasa, dan mahahadir yang mengendalikan segala sesuatu” pada prinsipnya bukan hipotesis yang dapat diuji dalam menghadapi eksperimen dan fakta alam, karena, apa pun hasil eksperimennya, itu konsisten dengan kemahatahuan, mahakuasa, dan kemahahadiran Tuhan, dan, sebagaimana didalilkan oleh hipotesis itu sendiri, Allah secara langsung menunjukkan dirinya tidak dapat diakses oleh eksperimen-eksperimen alami karena transendensinya, sehingga jika keberadaan Tuhan secara langsung diverifikasi oleh beberapa percobaan, kalimat itu akan salah karena transendensinya salah, dan jika transendensinya dipertahankan, kalimat itu tidak dapat diuji. Karena keberadaan langsung Tuhan tidak pernah diverifikasi – ini menjadi alasan logis untuk transendensi untuk dimasukkan dalam hipotesis – hipotesis sebenarnya adalah frasa yang tidak dapat dibatasi – tidak dapat diuji – dan karena itu juga melampaui ruang lingkup ilmu pengetahuan.


Singkatnya: Tuhan tidak dapat diuji dan karena itu “sains tidak masuk ke dalam koridor Tuhan”, karena sains secara eksplisit skeptis, menurut definisi;  tempat-tempat pertimbangan semacam itu praktis di semua agama, monoteistik atau bukan, selain pantas dan asing bagi sains. Menurut definisi, tidak ada tempat untuk agama dalam sains, meskipun suatu agama mungkin dapat menggunakan pengetahuan ilmiah untuk membenarkan premisnya.


Contoh Metode ilmiah


Dalam fisika


Pertimbangkan bagaimana metode ilmiah berlaku dalam percobaan fisika sederhana ini dengan air beku di bawah dua kondisi berbeda.



  • Tentukan Tujuan: Saya ingin tahu apakah air membeku lebih cepat dengan sendirinya atau dengan gula yang ditambahkan.

  • Bangun Hipotesis: Hipotesis nol adalah tidak akan ada perbedaan dalam berapa lama waktu yang dibutuhkan air untuk membeku, baik gula ditambahkan atau tidak. Hipotesis alternatif adalah akan ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam waktu pembekuan antara kedua skenario.

  • Uji Hipotesis dan Kumpulkan Data: Isi dua wadah identik dengan jumlah air suhu ruangan yang sama. Tambahkan jumlah gula yang diukur ke salah satu wadah. Masukkan kedua wadah ke dalam freezer. Secara berkala 15 menit, buka freezer dan amati status air di setiap wadah. Lanjutkan sampai keduanya benar-benar beku. Tuliskan waktu yang dibutuhkan untuk setiap wadah air untuk mencapai tingkat beku sepenuhnya.

  • Menganalisis Data: Lihat pada waktu yang dibutuhkan untuk setiap wadah air untuk membeku. Apakah air dengan gula ditambahkan membutuhkan waktu yang lebih lama atau lebih singkat untuk dibekukan?

  • Menarik Kesimpulan: Berdasarkan hasil percobaan Anda, sampai pada kesimpulan apakah air dengan gula membeku lebih cepat, lebih lambat, atau pada tingkat yang sama dengan air tanpa gula ditambahkan.

  • Komunikasikan Hasil: Laporkan temuan Anda dalam bentuk laporan tertulis sebagai presentasi lisan.


Dalam kasus percobaan ini, Anda dapat memilih untuk memvariasikan jumlah gula yang ditambahkan (selama langkah 3 dari metode ilmiah di atas) untuk melihat apakah itu mengubah hasil juga. Ini bisa menjadi eksperimen yang lebih kuat karena Anda akan memiliki data tambahan untuk dilaporkan.


Dalam biologi


Berikut adalah contoh lain di mana metode ilmiah dapat digunakan untuk mempelajari dunia biologi.



  • Tentukan Tujuan: Saya ingin tahu apakah tanaman kacang akan tumbuh lebih cepat di luar atau di dalam. Untuk keperluan percobaan ini, Anda dapat memutuskan jangka waktu tiga minggu.

  • Bangun Hipotesis: Hipotesis nol adalah tidak ada perbedaan antara menanam tanaman kacang di dalam ruangan atau di luar ruangan. Hipotesis alternatif adalah ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara dua situasi pertumbuhan tanaman kacang.

  • Uji Hipotesis dan Kumpulkan Data: Tanam empat tanaman kacang dalam pot yang identik menggunakan jenis tanah yang sama. Letakkan dua di lokasi outdoor, dan letakkan dua lainnya di lokasi indoor. Cobalah untuk memilih lokasi di mana tanaman akan mendapatkan jumlah sinar matahari yang sama. Merawat tanaman dengan cara yang identik, seperti memberikan jumlah air yang sama. Kemudian, setiap hari selama periode percobaan tiga minggu, amati dan ukur pertumbuhan tanaman. Catat ukuran masing-masing tanaman dengan hati-hati.

  • Menganalisis Data: Tinjau data dan tentukan bagaimana perkembangan tanaman di kedua lingkungan selama tiga minggu. Anda dapat memilih untuk menemukan rata-rata di antara dua tanaman indoor untuk menentukan pertumbuhan tanaman indoor “tipikal”, melakukan hal yang sama untuk dua tanaman outdoor untuk menghitung pertumbuhan tanaman outdoor “tipikal”.

  • Buat Kesimpulan: Berdasarkan data yang Anda kumpulkan, tentukan apakah ada jawaban konklusif untuk pertanyaan apakah tanaman kacang yang ditempatkan di dalam atau di luar akan tumbuh lebih cepat.

  • Mengkomunikasikan Hasil: Mempersiapkan cara untuk mempresentasikan hasil percobaan, seperti dalam bentuk laporan tertulis, presentasi slideshow, atau sebagai tampilan di pameran sains.


Ciri


Lima ciri dasar, atau prinsip metode ilmiah yaitu:



  • Penelitian ilmiah bersifat publik. Kemajuan dalam sains membutuhkan informasi yang tersedia secara bebas. Para peneliti tidak dapat memohon pengetahuan pribadi, metode, atau data dalam berdebat untuk keakuratan temuan mereka; informasi penelitian ilmiah harus dikomunikasikan secara bebas dari satu peneliti ke yang lain. Oleh karena itu, para peneliti harus sangat berhati-hati dalam laporan yang dipublikasikan untuk memasukkan informasi tentang metode pengambilan sampel, pengukuran, dan prosedur pengumpulan data. Proses replikasi ini memungkinkan untuk koreksi dan verifikasi temuan penelitian sebelumnya.

  • Sains itu objektif. Ilmu pengetahuan mencoba mengesampingkan keanehan (keanehan) penilaian oleh para peneliti. Ketika penelitian dilakukan, aturan dan prosedur eksplisit dikembangkan dan peneliti terikat untuk mengikutinya. Objektivitas juga mensyaratkan bahwa penelitian ilmiah berurusan dengan fakta daripada interpretasi fakta.

  • Ilmu pengetahuan bersifat empiris. Para peneliti peduli dengan dunia yang dapat diketahui dan berpotensi terukur. (Empirisme berasal dari kata Yunani untuk “pengalaman.”). Peneliti harus dapat memahami dan mengklasifikasikan apa yang mereka pelajari dan tolak. Para ilmuwan harus menghubungkan konsep-konsep abstrak dengan dunia empiris melalui pengamatan, yang dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung melalui berbagai instrumen pengukuran. Biasanya, hubungan ini dilakukan dengan membingkai definisi operasional. Definisi operasional penting dalam sains, dan pengantar singkat membutuhkan beberapa langkah mundur. Ada dua macam definisi dasar. Definisi konstitutif mendefinisikan kata dengan mengganti kata atau konsep lain untuk kata itu. Sebaliknya, definisi operasional menetapkan prosedur yang memungkinkan seseorang mengalami atau mengukur suatu konsep.

  • Ilmu pengetahuan adalah sistematis dan kumulatif. Tidak ada studi penelitian tunggal yang berdiri sendiri, juga tidak naik atau turun dengan sendirinya. Peneliti cerdas selalu menggunakan studi sebelumnya sebagai blok bangunan untuk pekerjaan mereka sendiri. Salah satu langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah meninjau literatur ilmiah yang tersedia tentang topik tersebut sehingga studi saat ini akan mengacu pada warisan penelitian sebelumnya. Ulasan ini sangat berharga.

  • Sains itu prediksi. Ilmu pengetahuan berkaitan dengan menghubungkan masa kini dengan masa depan. Bahkan, para ilmuwan berusaha mengembangkan teori karena, di antara alasan-alasan lain, mereka berguna dalam memprediksi perilaku. Kecukupan teori terletak pada kemampuannya untuk memprediksi suatu fenomena atau peristiwa dengan sukses. Sebuah teori yang menawarkan prediksi yang tidak didukung oleh analisis data harus dikaji ulang dengan hati-hati dan mungkin dibuang. Sebaliknya, teori yang menghasilkan prediksi yang didukung oleh data dapat digunakan untuk membuat prediksi dalam situasi lain.







Sumber gini.com


EmoticonEmoticon