Di tahun 2010 PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) membuktikan eksistensinya dengan menghadirkan produk modern sepeda motor Naked Sport yang bernama Yamaha Byson. Produsen berlambang garpu tala ini merilis motor Byson pada bulan September untuk mengawalYamaha Vixion dan scorpio yang lebih dulu diproduksi. Bentuk desain yang tampakdari Byson sungguh terbaru, responsive dan kasar sehingga sangat sesuai untuk semua golongan. Diawal pelepasan Byson, Yamaha sudah menetapkan harga 20 jutaan on the road Jakarta, harga yang dipasarkan dibilang masih murah pada waktu itu untuk kelas naked bike.
Melihat banyaknya seruan mendorong Yamaha untuk terus bergairahmengupgarde dan memperbaharui Byson semoga terus menjadi idola setiap tahunnya. Perubahan desain, spesifikasi dan fitur menjadi poin utama dalam menyajikan sepada motor Byson yang unggul dan masih dalam koridor motor yang cukup murah. Mengusung bentuk body yang kekar dan garang menjadi ciri khas Byson dalam mempertahan eksistensinya walaupun pesaing di kelasnya sudah bermunculan.
Kehadiran motor Byson di Negara India lebih diketahui dengan istilah FZ dan memiliki pilihan warna. Yamaha sendiri membekali Byson dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar dibandingkan Yamaha Vixion yang cuma 149.8 cc. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum isu dari generasi Yamaha Byson dari tahun ke tahun mulai dari rancangan, spesifikasi dan fitur yang digunakan.

Tipe Mesin | Berpendingin udara, 4 stoke, 2 valve SOHC |
Silinder | Single Cylinder / Tegak |
Diameter x Langkah | 58 x 57,9 mm |
Daya Maksimum | 13.73 kW / 7500 rpm |
Torsi Maksimum | 13.6 Nm / 6000 rpm |
Volume Silinder | 153 cc |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual |
Transmisi | Manual, 5 Percepatan |
P X L X T | 2075 mm x 780 mm x 1045 mm |
Berat | 137 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 12 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monocross |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 100 / 80 - 17 M/C (52P) |
Ban Belakang | 120 / 70 - 17 M/C (58P) |
Tipe Rem Depan | Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Drum Brake |
Yamaha Byson mengapdopsi transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 yang diyakini mampu menolong mengoptimalkan tenaga mesin. Body Byson memiliki ukuran panjang 2075 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1045 mm, sedangkan rangka yang dipakainnya bermodel diamond dengan suspensi teleskopik di bab depan dan monocross pada suspensi belakang. Fitur headlamp belum menerapkan teknologi LED, tidak perlu khawatir Yamaha sendiri sudah merancang bab lampu depan dan belakang semoga cahaya yang dipancarkan pada malam hari menjad lebih optimal.
Baca Juga : Harga Yamaha Byson FI 150, Review, Spesifikasi dan Gambar
Tangki bensin yang menempel pada rangka diamond mampu memuat hingga 12 liter. Yamaha Byson sendiri sangat cocok dibawa touring, alasannya tangguh dan dibekali tangki bensin yang besar. sehingga pengendara tidak susah payah mengisi bensin dalam waktu pendek. Pilihan warrna yang ditawarkan Yamaha untuk Byson ada empat ialah merah, putih, abu-debu dan biru. Untuk metode pengereman bagian roda depan memakai disc brake sedangkan belakang masih drum brake (rem tromol). Beban keseluruhan Byson 153 meraih 137 kg.

Tipe Mesin | Air cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder / Tegak |
Perbandingan Kompresi | 9,5 : 1 |
Daya Maksimum | 9.61 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 12.98 Nm / 6000 rpm |
Kapasitas mesin | 150 cc |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kickstarter |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual, Multiplat |
Tipe Transmisi | Constant Mesh, 5 Percepatan |
P X L X T | 1990 mm x 780 mm x 1045 mm |
Berat | 133 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 12.0 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Telescopic |
Suspensi Belakang | Swingarm |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 100 / 80 - 17 M/C |
Ban Belakang | 130 / 70 - 17 M/C |
Tipe Rem Depan | Single Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Drum Brake |
Baca Juga : Sejarah Generasi Yamaha Vixion Dari Tahun ke Tahun
Desain stang street fighter dibentuk lebar menciptakan posisi berkendara teggap dan lebih tenteram ketika melaksanakan perjalanan erat maupun jauh. Yamaha Byson sendiri memakai rangka diamond dengan suspensi teleskopik di depan dan swing arm di belakang. Ukuran body periode keenam ini lebih pendek dibandingkan versi sebelumnya dengan panjang 1990 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1045 mm. Ukuran roda dibentuk lebih besar 100 / 80 – 17 M/C ukuran roda depan dan ukuran 130 / 70 – 17 M/C pada roda belakang. Ukuran ban yang lebar dapat membuat pengendalian stabil dan tenteram dikala berkendara. Pengereman yang disisipkan masih memakai disc brake dan drum brake serta belum menggunakan teknologi ABS.
Demikian berita wacana Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun. Semoga ulasan ini dapat berguna untuk kita semua dan terima kasih.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com
EmoticonEmoticon