Senin, 16 November 2020

Makalah Bentuk Kurikulum Madrasah Diniyah

Bentuk kurikulum

Kurikulum ialah hal yang penting dan utama dalam sebuah pembelajaran. oleh karena itu bagi madrasah diniyah sebagai lembaga formal juga mesti memiliki kurikulum standart yang telah dikelola dalam undang-undang. oleh alasannya itu, makalah yang singkat ini membahas seputar bentuk kurikulum madrasah diniyah yang dikutip dari beberapa sumber model aneka ragam makalah.bagaimanakah sebenarnya bentuk kurikulum madrasah diniyah? apakah kurikulum madrasah diniyah sama dengan kurikulum lembaga formal yang lain, atau bentuk kurikulum madrasah diniyah ini berlainan dengan forum yang ada? untuk itulah mari kita menjelajahi apa yang sudah saya utarakan di bawah ini dengan tema bentuk kurikulum madrasah diniyah.

Adapun bentuk kurikulum madrasah diniyah yaitu:
  • Tauhid / Ketuhanan (sebagai benteng keimanan)
  • Fiqh / Ibadah (selaku cara pelaksanaan ketaqwaan yang benar)
  • Al-Qur'an / Baca dan Tulis Al-Qur'an (selaku dasar acuan perintah dan larangan dari Alloh SWT)
  • Akhlaq (selaku dasar wawasan cara berakhlaq terhadap orang renta, guru, kerabat, tetangga dan bermasyarakat)
  • Sejarah Kehidupan Nabi Muhammad (bukan sejarah islam), sebagai referensi bentuk-bentuk akhlaq yang mulia.
  • Bahasa Arab
  • Praktek ibadah
Sedangkan versi yang lain dan ini tergantung daerah di mana madrasah diniyah itu berdiri, ada sedikit komplemen kurikulumnya. adapun bentuk kurikulum madrasah diniyah versi lainnya mampu anda lihat di tombol next berikutnya:

Kelas 1
  • Materi Pelajaran
  • Amtsilah Tasrif
  • Hafal dg tanpa hambatan Tasrif Lughawi dan istilahi
  • Mampu mengerti bentuk (shighat) dan fungsi masing-masing kalimat dalam tasrif.
  • Memahami faedah-faedah Auzan Tasrif.
  • Safinah an Naja/risalah mahid
  • Memahami substansi bahasan/fiqh dasar berikut bisa mempraktekkan.
  • Mampu (minimal) mampu menawarkan makna dalam kitab (praktek menulis pego)
  • Pengenalan membaca kosongan sekaligus tatbiq nahwu dan sharaf.
  • Jurumiyah
  • Mengenal istilah-istilah nahwu serta mampu membedakan macam-macam kalimat dan memberi makna
  • Mampu menullis arab dg baik lewat keharusan menulis kembali nash kitab Jurumiyah
  • Mampu mempraktekkan dasar nahwu untuk nash-nash arab yang mudah
  • hafal seluruh nash kitab Jurumiyah.
  • Taisir al Kholaq/Tijan ad Durori
  • Memahami dan mampu mempraktekkan akhlaq dan Tauhid dasar
  • Pengenalan membaca kosongan sekaligus tatbiq Nahwu dan Sharaf.
Kelas 2
  • Materi Pelajaran
  • Sulam at Taufiq
  • Mampu membaca, mengerti dan mempraktekkan subtansi bahasan kitab
  • Santri mulai sudah biasa dengan membaca kitab kosongan
  • Tergerak untuk berusaha mampu mengenal asal-muasal dan kedudukan setiap lafadz.
  • Muhktashor Jiddan
  • Memahami struktur kalimat dalam tata bahasa arab
  • Mampu menuntaskan soal-soal ilmu nahwu dasar
  • Mampu mempraktekkan dasar nahwu dengan adaptasi membaca kitab kosongan.
  • Jalau al Afaham
  • Memahami ilmu Tauhid beserta dalil-dalilnya secara naqli maupun aqli
  • Hafal nadzam 'Aqidah al 'Awam
  • Pembiasaan membaca kitab kosongan.
  • Al Qowaid as Shorfiyah 1
  • Memahami kaidah-kaidah sharaf dan mampu mempraktekkannya
  • Hafal Auzan al Mashodir
  • Mampu menunjukkan contoh yang lain (meng-qiyaskan)
Kelas 3
  • Materi Pelajaran
  • Al Qowaid as Shorfiyah 2
  • Memahami kaidah-kaidah sharaf dan bisa mempraktekkannya
  • Mampu mempraktekkannya untuk nash-nash yang mudah terutama untuk wazan jama' taksir
  • Hafal wazan jama' taksir.
  • Tuhfah ats Tssaniyyah
  • Memahami dengan baik ilmu nahwu serta mampu menerapkannya dalam teks dan mengidentifikasinya.
  • Fathul al Qorib 1 (sampai bab al Iqror)
  • Memahami fiqh ibadah secara baik
  • Mampu membaca kitab kosongan / makna dengan baik
  • Al Minah al Fikriyah
  • Memahami ilmu tajwid dengan baik
  • Mampu mempraktekkan dalam membaca al-Qur'an
Kelas 4
  • Materi Pelajaran
  • Kifayah al Ashab
  • Memahami ilmu I'rob dalam Tarkib al Jumlah dengan baik
  • Memahami tata bahasa susah dalam kitab
  • Mampu mengerti dan mengidentifikasi makna-makna abjad.
  • Bahjas as Saniyyah
  • Memahami ilmu Tauhid dengan dalil aqli dan naqli
  • Mampu mempraktekkan ilmu nahwu dalam membaca kitab
  • Hafal nadzam-nadzam penting.
  • Fathul al Qorib II (Bab al iqror sampai habis)
  • Memahami fiqh muamalah dengan baik
  • Mampu mempraktekkan ilmu nahwu dalam membaca kitab.
  • Alfiyah I (sampai Af'al at Tafdil bait 496)
  • Mengembangkan pengetahuan santri dalam ilmu nahwu
  • hafal nadzam-nadzam penting
Kelas 5
  • Materi pelajaran
  • Waraqat
  • Mampu mengetahui nash kitab dengan baik.
  • Memahami dasar-dasar ushul fiqh dengan baik
  • Alfiah II (bait 496-habis)
  • Mengembangkan wawasan santri tentang ilmu nahwu.
  • Hafal nadzam-nadzam penting.
  • Jauharul Maknun
  • Mampu mengerti substansi bahasan dlm kitab.
  • Hafal nadzam-nadzam penting
  • Memahami dasar-dasar ilmu balaghah (Maani dan Bayan)
  • Kifayatul Akhyar
  • Mampu mengerti substansi bahasan dalam kitab.
  • Mampu mengerti kekerabatan antara dalil dengan madlul terkait dengan dasar ilm permintaan fiqh yang dipelajari.
  • Mampu mempraktekkan ilm nahwu dalam membaca kitab.
  • Taqrirotus Saniyah
  • Mampu memahami substansi bahasan dlm kitab.
  • Memahami ilm hadits dg baik.
  • Hafal seluruh nadzam Baiquniyyah.
Kelas 6
  • Materi pelajaran
  • Jauharul Maknun II
  • Mampu memahami substansi bahasan dlm kitab.
  • Hafal nadzam-nadzam penting.
  • Memahami dasar ilmu balaqhah (bayan dan badi')
  • Zubdatul Itqon
  • Mampu memahami ulum al quran.
  • Mampu mempraktekkan ilm nahwu dalam mengerti substansi bahasan.
  • Idzoh al Qowaid al Fiqhiyah
  • Mampu mengetahui qaidah fiqh dengan baik.
  • Mampu mempraktekkan ilm nahwu dalam memahami substansi bahasan.
  • Mampu mengaplikasikan qaidah fiqh yang sudah dipelajari pada persoalan fiqh.
  • Hafal Qaidah Fiqh dengan baik.
  • Dlowabid Maqasid as Syar'iyah
  • Mampu mengetahui substansi bahasan dengan baik.
  • Memahami batasan maslahah dalam syariat Islam.
  • Pembahasan Fiqih Maslahah dan Pengembangannya
Kesimpulan
Madrasah Diniyah ialah suatu forum pendidikan agama Islam luar sekolah yang gunanya kawasan berbagi ilmu pengetahuan agama, dengan ustadz sebagai pengajarnya, dan mesjid atau sekolah selaku lembaganya. Madrasah Diniyah atas dasar tugas serta penduduk untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT.

Peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan memang sudah terwujud dari dahulu hingga saat ini, seperti adanya pondok pesantren, Majlis Ta’lim, Madrasah dan sebagainya. Untuk pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pembinaan, pengarahan, pinjaman dan sumbangan sehingga eksistensi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang mempunyai ciri-ciri keagamaan mempunyai kedudukan yang serupa sejajar dan juga dapat mewujudkan tujuan yang sama adalah mencerdaskan bangsa Indonesia dan merealisasikan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejalan dengan klarifikasi diatas, maka sepantasnyalah selaku anggota penduduk maupun pemerintah, menjadi kepedulian bersama dalam membangun dan memajukan keagamaan semoga mampu mewujudkan insan yang beriman dan bertaqwa. Kepedulian tersebut dapat dinyatakan dalam dua kegiatan utama adalah membimbing dan memotifasi belum dewasa dalam berguru agama islam.

Daftar Pustaka
  • http://infopesantren.web.id/ppssnh.malang/cgi-bin/content.cgi/kurikulum/02-diniyah.single
  • http://dc433.4shared.com/doc/Z6VJUj-v/preview.html

Sumber http://makalahmajannaii.blogspot.com


EmoticonEmoticon