Minggu, 13 September 2020

Makalah Perihal Arsitektur Organisasi Komputer

PENDAHULUAN
Arsitektur Komputer membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan atribut-atribut yang tampakatau yang diperhitungkan oleh pemogram dan yang memiliki pengaruh eksklusif pada hukuman logis sebuah program. Dengan kata lain arsitektur computer membicarakan problem-dilema yang berkaitan dengan fungsi bagian-bagian computer.

Contoh atribut arsitektural adalah :
a. set instruksi
b. representasi data atau jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan jenis data (missal:bilangan, karakter, dll)
c. Mekanisme input/output (I/O)
d. Teknik Pengalamatan memori

Organisasi Komputer membicarakan bagaimana semua fungsi-fungsi computer tersebut mampu diimplementasikan. Makara, organisasi computer membahas hal-hal yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi computer membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan struktur computer.

Sebagai contoh apakah sebuah computer yang memmiliki instruksiperkalian merupakan problem desain arsitektural. Apakah problem organisasional Dimana isyarat itu akan diimplementasikan dengan unit pengali khusus atau dengan dengan suatu mekanisme yang menggunakan pengulangan dari penambahan unit system ialah hal organisasional. Kepustusan organisasional mungkin didasarkan pada frekuensi antisipasi dari penggunaan intruksi perkalian, kecepatan relative dari dua buah pendekatan dan harga, serta ukuran fisik dari unit perkalian khusus.

Dalam kelompok komputer yang disebut mikrokontroler, hubungan antara arsitektur dan organisasi sungguh akrab. Perubahan teknologi tidak cuma mensugesti organisasi tetapi juga menenteng pengaruh dalam pengenalan kekuatan dan arsitektur yang lebih kompleks. Biasannyam ada kekurangan duit diharapkan kompatibelitas dari generasi ke generasi pada mesin yanglebih kecil.sebaliknya, ada ketergantungan antara keputusan organisasi dan rancangan arsitektur.


1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Apakah yang dimaksud dengan organisasi dan arsitektur komputer?
b. Bagaimana struktur komputer?
c. Bagaimana fungsi dari sebuah perangkat yang ada di komputer?
d. Bagaimana evolusi yang terjadi pada komputer sampai sekarang?
e. Bagaimana kinerja sebuah komputer?

1.3. TUJUAN
a. Menjelaskan tentang Organisasi & Arsitektur Komputer
b. Menjelaskan ihwal struktur dan fungsi komputer
c. Menjelaskan ihwal evolusi dan kinerja komputer

PEMBAHASAN

2.1. STRUKTUR DAN FUNGSI
Komputer yakni suatu tata cara yang kompleks. Struktur komputer didefinisikan selaku cara-cara dari tiap unsur saling terkait. Struktur suatu komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar a. Sedangkan fungsi komputer didefinisikan selaku operasi masing-masing komponen selaku bab dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing unsur dalam struktur tersebut adalah selaku berikut:

2.1.1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi selaku alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device ialah alat yang dipakai untuk mendapatkan input dari luar metode, dan mampu berbentuksignal input atau maintenance input. Di dalam tata cara komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam system komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang dipakai untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain dipakai untuk memasukkan data juga untuk memasukkan acara. Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, ialah disamping sebagai alat input juga berfungsi selaku alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut selaku terminal. Terminal mampu dihubungkan kesistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal mampu digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal cuma berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram sebab tidak memiliki alat pemroses. Peralatan mirip ini juga disebut selaku dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal mampu diprogram oleh pemakai. Peralatan yang cuma berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input pribadi dan tidak eksklusif. Alat input langsung yakni input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses,

Sedangkan alat input tidak langsung lewat media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input eksklusif dapat berbentukpapan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (contohnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilaksanakan lewat media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berupa pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

A. Keyboard
Merupakan alat input standart yang dibutuhkan dalam setiap PC. Komponen ini tidak mengalami pertumbuhan yang pesat. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami kemajuan. Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru meningkat kini ini ialah keyboard wireless.

B. Mouse
Mouse merupakan komponen input yang sanagt diperlukan jikalau memakai sistem operasi grafis. Mouse lebih banyak eprkembangannya dari pada keyboard. Muali dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dan dikala mouse optik

2.1.2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memperlihatkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses mampu digolongkan menjadi empat bentuk, ialah goresan pena (karakter, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), bunyi, dan bentuk lain yang mampu dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga kalangan pertama yaitu output yang mampu digunakan pribadi oleh manusia, sedangkan kalangan terakhir umumnya dipakai sebagai input untuk proses berikutnya dari komputer. Peralatan output mampu berupa:

a. Hard-copy device, ialah alat yang dipakai untuk mencetak tulisan dan image pada media keras mirip kertas atau film. Contoh hard-copy devicce

b. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk memperlihatkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektro.

c. Drive device atau driver, yaitu alat yang dipakai untuk merekam simbol dalam bentuk yang cuma mampu dibaca oleh mesin pada media mirip magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, selaku alat output dan juga sebagai alat input. Sekarang media penyimpan yang berkembang yaitu disk rive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.

2.1.3. I/O Ports
Bagian ini dipakai untuk mendapatkan ataupun mengantardata ke luar sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar tampang) karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

2.1.4. CPU (Central Processing Unit)
CPU ialah otak tata cara komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yakni: ALU (Arithmetical Logical Unit) selaku pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) selaku pengontrol kerja komputer.

CPU ialah tempat pemroses kode-aba-aba program, yang ada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia jualan , pemroses ini diberi nama sesuai dengan impian pembuatnya dan biasanya ditambah dengan nomor seri, misalnya diketahui pemroses Intel 80486 DX2-400 (bikinan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang diketahui dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (diketahui dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

2.1.5. Memori

a. Random Access Memory (RAM)
Semua data dan acara yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bab utama, yakni:

  • Input storage, dipakai untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.
  • Program storage, digunakan untuk menyimpan semua kode-kode acara yang akan diakses.
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang hendak diolah dan hasil pembuatan.
  • Output storage, digunakan untuk menampung hasil final dari pembuatan data yang mau ditampilkan ke alat output.

Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung apalagi dulu di input storage. Bila input tersebut berupa acara maka akan dipindahkan ke acara storage, dan bila berupa data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung apalagi dahulu di working storage dan jikalau akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.

b. Read Only Memory (ROM)
Dari namanya, ROM cuma dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM telah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa metode operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diharapkan oleh metode komputer, seperti contohnya acara untuk mengendalikan penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk kebutuhan kendali tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali tata cara komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang mampu berupa cold booting atau warm booting. Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem computer pertama kali untuk mengambil acara bootstrap dari kondisi listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on). Sedangkan warm booting ialah proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del.

Proses ini umumnya dilakukan bila metode computer macet, daripada mesti mematikan ajaran listrik komputer dan menghidupkannya kembali. Instruksi-kode yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware alasannya adalah hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini dilarang hilang atau rusak alasannya adalah kalau terjadi demikian, maka system komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh alasannya adalah itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga cuma bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile biar isinya tidak hilang jika listrik komputer dimatikan.

Pada kasus lainnya memungkinkan untuk mengganti isi ROM, yakni dengan cara memprogram kembali instruksi-kode yang ada didalamnya. ROM jenis ini berupa chip yang diposisikan pada rumahnya yang mempunyai jendela di atasnya. ROM yang mampu diprogram kembali yakni PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak mampu diubah kembali. Jenis lain yaitu EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang mampu dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang mampu dihapus secara elektro dan mampu diprogram kembali.

2.1.6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing akses hanya dapat membawah 1 bit data, maka jumlah terusan menetukan jumlah bit yang mampu ditransfer pada sebuah dikala. Lebar data bus ini menetukan kinerja metode secara keseluruhan. Sifatnya bldirectional, artinya CPU mampu membaca dan menerima data lewat data bus ini. Data bus lazimnya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 paralel.

2.1.7. Address Bus
Digunakan untuk menerangkan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengantarkan alamat memori yang mau ditulis atau dibaca. Address bus umumnya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

2.1.8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk menertibkan penggunaan serta terusan ke Data Bus dan Address Bus. terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel.


3.1.Kesimpulan
Komputer PC terdiri dari tiga bab utama, ialah bab input, proses, dan output. Setiap bab berisikan beberapa komponen yang saling mendukung. Setiap bagian pada PC memiliki spesifikasi tertentu dan kegunaan/fungsi khusus. Evolusi computer sudah ditandai dengan peningkatan kecepatan prossesor, pengurangan ukuran bagian, peningkatan kapasitas memori, dan kenaikan kapasitas dan kecepatan I/O. Satu factor yang kuat besar dalam dalam kenaikan kecepatan prossesor yaitu dengan peyusutan ukuran unsur prossesor mikro, hal ini menghemat jarak antara komponen dan balasannya dapat meningkatkan kecepatan. Bagaimanapun, keuntungan bahwasanya dalam kecepatan terakhir ini sudah tiba di organisasi prossesor tergolong penggunaan yang berat dalam pipelining dan teknik hukuman pararel dan penggunaan teknik hukuman yang bersifat spekulasi yang menimbulkan eksekusi selanjutnya bersifat sementara yang mungkin diharapkan.

Selanjutnya didalam sebuah problem kritis dalam merancang system computer yaitu mempertahankan keseimbangan kinerja dar berbagai bagian-unsur,sehingga menciptakan kinerja dalam datu bidang tidaklah mempengaruhi sebuah bidang yang lain. Kinerja sebuah metode komputer ialah hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral. Dari sisi kemajuan acara aplikasi pun sangat mengagumkan.

3.2.Saran
Didalam penulisan makalah wacana komputer ada baiknya memakai rujukan yang paling gres, alasannya adalah sifat teknologi setiap harinya bahkan setiap detiknya mengalami pergeseran. Dengan materi referensi yang terbaru diharapkan gosip-isu yang didapat juga berita yang terbarukan.

DAFTAR PUSTAKA

  • Kadir Abdul dan Terra Ch.Triwahyuni,Pengenalan Teknologi Informasi,Andi Riyanto Yogyakarta :2005.
  • Stallings William, Organisasi & Arsitektur Komputer Edisi 6, 2004, PT.INDEKS Kelompok GRAMEDIA.
  • Naskan, S.Kom. Pertemuan II - Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer,2009.

Sumber http://makalahmajannaii.blogspot.com


EmoticonEmoticon