Minggu, 05 Juli 2020

Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil Dan Pegas Batang Torsi

Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi - Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai aksesori pada suatu kendaraan yang diposisikan pada rangka, roda dan body. Di mana bagian-komponen tersebut berperan untuk meredam, menahan getaran atau goncangan dikala pengemudi menemui jalan yang tidak beraturan atau rusak. Selain untuk meredam dan menahan goncangan, suspensi juga dirancang untuk ketentraman penumpang atau pun pengemudi. Komponen tersebut yaitu pegas daun, shock absorber dan stabilizer (penyeimbang).

 Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai pelengkap pada suatu kendaraan ya Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Pegas Daun

Di lihat dari kebutuhannya pemakaian, jumlah pegas daun yang dipakai kendaraan mini bus dan truk terang berbeda. Kalau mini bus umumnya memakai pegas daun 5 (lima) lembar pada masing-masing roda belakang, sedangkan roda depan mini bus menggunakan pegas koil. Kalau kendaraan truk menggunakan pegas daun 25 lembar bahkan mampu lebih, yang terpasang di masing-masing roda belakang sedangkan roda bagian depan memakai pegas daun 10 lembar bahkan bisa lebih.

 Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai pelengkap pada suatu kendaraan ya Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Apabila anda akan memperbesar jumlah pegas daun yang terlalu banyak, maka goncangan atau bantingan yang ditimbulkan pada suspensi kendaraan akan lebih keras dan ini akan mengganggu ketentraman anda dalam mengemudi. Menambah jumlah pegas daun juga harus seimbang baik roda kanan atau roda kiri, bila jumlah pegas daun roda kanan lebih banyak, maka tinggi kendaraan sebelah kanan akan lebih dominan dibandingkan sebelah kiri.


Ada beberapa bagian suplemen untuk memasang pegas daun pada rangka kendaraan beroda empat, yaitu:
1. Mata pegas
2. Baut pegas
3. Klem pegas
4. Penggantung pegas
5. Baut pengikat pegas
6. Baut U

Pegas Koil ( coil spring )

 Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai pelengkap pada suatu kendaraan ya Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Pegas ini berada pada bab depan kendaraan, sebelah kanan maupun di sebelah kiri. Pegas ini memiliki angka meredam kejutan yang lebih baik, akan namun untuk menghalangi kejutan balik yang sangat cepat pegas koil ini dibantu dengan sock absorber supaya mampu meredam kejutan yang ditimbulkan menjadi lebih baik lagi. Manfaat dari pegas koil ini yaitu dapat membantu menyerap getaran yang cukup tinggi, pemegasan panjang, mempunyai kontruksi yang cukup rumit dibandingkan batang torsi ataupun pegas daun. Pegas ini pada umunya dipakai pada suspensi independent dan juga aksel rigid.

Pegas Batang Torsi 

 Sistem suspensi adalah suatu alat yang dipasang sebagai pelengkap pada suatu kendaraan ya Mengenal Suspensi Pegas Daun, Pegas Koil dan Pegas Batang Torsi

Pegas batang torsi kadang-kadang kita temui pada kendaraan mobil kecil (mini bus) yang terletak di samping badan kendaraan. Pegas ini memiliki baut penyetel tinggi mobil, sehingga anda mampu menyetel atau mengontrol tinggi kendaraan sesuai harapan anda. namun pegas ini tidak memiliki sifat meredam getaran sendiri, energi diabsorsi besar dibandingkan pegas lainnya dan lebih ringan. Namun pegas batang torsi ini harganya lumayan mahal.


Demikian beberapa contoh suspensi pada kendaraan beroda empat, semoga berita ini mampu bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah tiba ke blog ini.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com


EmoticonEmoticon